Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi
Vol 4, No 2 (2020): Juni

Kegiatan Pelestarian dan Promosi Candi Kimpulan di Area Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Fauzan Hidayatullah (Sekolah Pascasarjana, Prodi Kajian Budaya dan Media, Minat Manajemen Informasi dan Perpustakaan, Universitas Gadjah Mada.)
Wahid Nashihuddin (Sekolah Pascasarjana, Prodi Kajian Budaya dan Media, Minat Manajemen Informasi dan Perpustakaan, Universitas Gadjah Mada.)
Kadek Aryana Dwi Putra (Sekolah Pascasarjana, Prodi Kajian Budaya dan Media, Minat Manajemen Informasi dan Perpustakaan, Universitas Gadjah Mada.)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2020

Abstract

Candi  Kimpulan merupakan candi peninggalan kerajaan hindu yang berlokasi di area Perpustakaan UII. Keberadaan Candi Kimpulan sampai saat ini dalam kondisi baik dan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui keg iatan pelestarian dan promosi Candi Kimpulan yang berada di area Perpustakaan UII. Data kajian ini menggunakan data kualitatif – deskriptif, yang bersumber dari kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa kegiatan pelestarian Candi Kimpulan dilakukan oleh BPCB DIY dengan cara evakuasi, restorasi, dan konservasi. Sedangkan Perpustakaan UII (pustakawan) membantu tugas edukator museum dalam mempromosikan wisata budaya Candi Kimpulan ke masyarakat. Kegiatan promosi dilakukan dengan tatap muka, penyebaran brosur, dan website Perpustakaan UII.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

anuva

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

Jurnal Anuva presents the latest information of study and research of Cultural Studies and Library and Information Science. Scientific scope of this journal covers cultural studies, library, documentation, and information science. Cultural Studies includes philosophy, literature, linguistics, ...