Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
Vol 3 No 1 (2020): Januari

PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATA PELAJARAN IPA

Tita Kartika, Ardia (Unknown)
Eftiwin, Lydea (Unknown)
Fitri Lubis, Mahdiya (Unknown)
Walid, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kualitatif sebagai pendekatannya. Dalam penelitian ini sampel terdiri dari 30 siswa di kelas VIII G dan 28 siswa di kelas VIII H. Teknik pengumpulan data dengan mengadakan Pre-test dan Post-test tentang kemampuan berpikir siswa pada materi sains SMP. Instrumen penelitian terdiri dari 15 item Pre-test dan 15 pertanyaan Post-test yang telah disesuaikan menggunakan rubrik penilaian. Penelitian ini menyajikan hasil berupa tingkat keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan metode pemecahan masalah secara keseluruhan memiliki kemampuan berpikir kritis lebih cepat daripada siswa yang belajar menggunakan metode ceramah. Tingkat keterampilan berpikir kritis siswa kelas delapan terdistribusi normal, sehingga dapat dikatakan meningkat. Abstract: This research was conducted with the aim to determine the level of understanding of students in junior high school about science subjects. This research uses descriptive and qualitative methods as its consideration. In this study, the sample consisted of 30 students in class VIII G and 28 students in class VIII H. Data collection techniques with Pre-test and Post-test about students' thinking abilities on junior high school material. The research instrument consisted of 15 Pre-test items and 15 Post-test questions that had been adjusted using rubrics. This study presents the results of research on eighth-grade students. The results of the study showed students who used the problem-solving method to all participants who used the lecture method. The level of critical thinking skills in class of students is normally distributed so that it can be completed increased.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. ...