Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 7 No 1 (2017)

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MAHASISWA CALON GURU SEMESTER VI IKIP-PGRI PONTIANAK

Nurmaningsih, Nurmaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2017

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa calon guru semester VI IKIP-PGRI Pontianak. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa calon guru semester VI IKIP-PGRI Pontianak pada masing-masing aspek pemecahan masalah matematika. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah studi kasus. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Pada aspek memahami masalah, mahasiswa sudah menuliskan informasi yang ada pada soal namun masih terdapat kekurangan dan kesalahan dalam menentukan apa yang ditanyakan pada soal, (2) Pada aspek merencanakan penyelesaian, mahasiswa masih belum menuliskan rencana penyelesaian secara sistematis dan detail pada tiap langkah-langkahnya, (3) Pada aspek melaksanakan rencana penyelesaian, masih terdapat kesalahan dalam perhitungan sehingga menghasilkan jawaban yang kurang tepat, (4) Pada aspek memeriksa kembali hasil yang diperoleh, masih terdapat kesalahan dalam kesimpulan akibat dari kesalahan dalam memahami masalah dan juga kesalahan dalam perhitungan. Kata kunci: pemecahan masalah, program linear Abstract This study aims to decrypt the problem solving skills of mathematics students prospective teacher semester VI IKIP-PGRI Pontianak. Specifically, this study aims to describe the mathematical problem solving skills of prospective teachers of semester VI of IKIP-PGRI Pontianak in each aspect of solving mathematical problems. In this study used descriptive method with the form of research is a case study. Based on the data analysis, it can be concluded that: (1) In the aspect of understanding the problem, the students have written information on the problem but there are still deficiencies and mistakes in determining what is asked on the question, (2) In the aspect of the plan of settlement, the student still has not written the plan (3) In the aspect of executing the settlement plan, there are still errors in the calculation so as to produce a less precise answer, (4) In the aspect of re-examining the results obtained, there is still a mistake in the conclusion of the result of Error in understanding the problem and also the error in the calculation. Key word: problem solving, linear programming

Copyrights © 2017