Edulingua: Jurnal Linguistiks Terapan dan Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 6, No 2 (2019)

PERAN STARTUP DIGITAL “RUANGGURU” SEBAGAI METODE LONG DISTANCE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

Ulfah Mey Lida (Universitas Muria Kudus)
Ixsir Eliya (Institut Agama Islam Negeri Bengkulu)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran Startup Digital  “Ruangguru” dalam memberikan pemahaman teori dan konsep berbahasa, pengembangan keterampilan berbahasa, dan pembentukan sikap dan moral peserta didik. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode simak. Analisis data dilakukan dengan metode kontekstual, serta dilakukan dengan teknik baca markah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa Startup Digital “Ruangguru” dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri untuk pengayaan pembelajaran yang ada di sekolah. Teori dan konsep tentang pembelajaran bahasa tersedia dengan lengkap. Namun, materi praktik untuk pengembangan keterampilan berbahasa kurang terfasilitasi oleh aplikasi yang ada. Peran pendidik dalam pembentukan sikap dan moral peserta didik juga tidak dapat terwakili oleh sekadar aplikasi. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Startup Digital “Ruangguru” sebagai metode pembelajaran jarak jauh hanya dapat digunakan sebagai alat untuk transfer pengetahuan.

Copyrights © 2019