Jurnal Basicedu
Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467

Pengembangan Bahan Ajar Tematik Pada Keterampilan Menulis Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table di Sekolah Dasar

Lylga Febrina (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Taufina Taufina (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Farida Fachrudin (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2020

Abstract

Keterampilan menulis siswa pada saat ini sangat rendah. Hal ini diakibatkan karena bahan ajar yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih belum mencakup materi yang sesuai dengan indikator ketercapaian didalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan juga belum terlihat sesuai dengan materi yang dijelaskan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desai 4D dimana peneliti membuat sebuah bahan ajar sesuai dengan kebutuhan dan ketercapaian yang ditujukan oleh guru. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 18 Sitiung. Pada awal penelitian dilakukan observasi untuk melihat kondisi awal sebelum digunakan bahan ajar yang didesain guru dengan menggunakan model tipe round table. Model pembelajaran tipe round tableĀ  menggunakan prinsip : 1) Berpusat pada siswa, 2) Mengembangkan kreativitas siswa, 3) Menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang, 4) Bernilai, etika, estetika, logika, dan kinestika, dan 5) Menyediakan pengalaman belajar yang beragam

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...