Penelitiantinitbertujuantuntuktmengetahuitpengaruhtmodel pembelajaran kooperatif tipetjigsaw berbantuan mind mappingtterhadap keterampilan berbicaratsiswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Dalam penelitian ini jumlah populasinya adalah 176 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa yang ditentukan melalui teknik random sampling. Keterampilan berbicara adalah data dari penelitian ini yang dikumpulkan menggunakan metode non tes dengan teknik unjuk kerja atau performance. Data keterampilan berbicara diuji dengan menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari pengujian menunjukkan model kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan mind mapping memiliki pengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD (thitung = 2,971 > ttabel = 1,6657). Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV. Maka dari itu masalah adanya kesenjangan antara harapan penerapan Kurikulum 2013 dengan fakta di lapangan mengenai rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas IV telah teratasi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping.
Copyrights © 2020