Latar Belakang: Kepuasan pasien ialah suatu perasaan pasien yang timbul sebagai akibat kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkanya . Hasil wawancara dengan 10 orang pasien yang berkunjung di IGD Rumah Sakit Dr. Bratanata Jambi diketahui bahwa pasien pada umumnya mengeluhkan pelayanan yang diberikan, lebih lanjut diketahui bahwa pasien kurang merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan . Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang mendapatkan pelayanan di Ruangan Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Dr. Bratanata Jambi, sampel berjumlah 30 orang , tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis univariat, penelitian dilakukan pada bulan Desember tahun 2019 Hasil: Sebagian besar kepuasan pasien adalah Puas terhadap tangible atau keadaan fisik sebesar 56,7% ,Reability atau Keandalan 60 %, Ketanggapan atau responsiviness 46,7 % , jaminan kepastian atau Assurance sebesar 53,3 %,perhatian Perawat atau Empathy sebesar 43,3 % dan terhadap harapan pasien dalam pelayanan di Ruang IGD Rumah Sakit Dr Bratanata Jambi sebesar 53 % Kesimpulan: IGD Dr. Bratanata sebagai Front Office dalam memberikan pelayanan pasien kegawatdaruratan sudah sangat baik, hal ini di deskripsikan dari cukup tingginya kepuasan pasien terhadap pelayanan tenaga medis dan perawat di ruangan tersebut.
Copyrights © 2020