SCIENTIA JOURNAL
Vol 9 No 1 (2020): SCIENTIA JOURNAL

HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DENGAN MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS KEBUN KOPI KOTA JAMBI TAHUN 2020

Listiawaty, Renny (Unknown)
Syarifuddin, Muhammad (Unknown)
Guspianto, Guspianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2020

Abstract

Penyusunan dan penerapan standar pelayanan akan sangat membutuhkan peran dan komitmen yang kuat dari pemimpin organisasi. Bahkan dapat dikatakan bahwa tanpa adanya komitmen yang jelas dari pemimpin, maka hampir dapat dipastikan bahwa penyusunan dan penerapan standar pelayanan akan mengalami kegagalan. Kunjungan pasien di Puskesmas Kebun Kopi terjadi penurunan jumlah kunjungan sebanyak 333 pasien. Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kepemimpinan dengan mutu pelayanan di Puskesmas Kebun Kopi Kota Jambi tahun 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah petugas di Puskesmas Kebun Kopi tahun 2020, dengan jumlah sampel sebanyak 51 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Hasil penelitian di analisa dengan uji chi-square diperoleh nilai p-value = 0,005 (p < 0,05). Uji ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara kepemimpinan dengan mutu pelayanan. hipotesis ada hubungan yang berarti antara kepemimpinan dengan mutu pelayanan di Puskesmas Kebun Kopi Kota Jambi tahun 2020 dapat diterima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SCJ

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

SCIENTIA JOURNAL is a scientific journal in the field of health published twice a year by LPPM Adiwangsa Jambi University, especially in the public health, nursing and midwifery ...