JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya
Vol 5, No 1 (2020): Juni

ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN HEURISTIK SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTS AN-NUR GALUK

Nila Sandra Dewi Arini (FPMIPA IKIP PGRI BOJONEGORO)
Junarti Junarti (IKIP PGRI Bojonegoro)
Anita Dewi Utami (IKIP PGRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2020

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menedeskripsikan analisis pengambilan keputusan heuristik siswa dalam pemecahan masalah aljabar ditinjau dari kecemasan matematika pada siswa.  Penelitian ini dilakukan di MTS An-Nur Galuk pada siswa kelas VII. Pengambilan sampel menggunakan metode sampel bertujuan (Purposive Sample) yaitu pengambilan sampel dengan melihat hasil tes tulis analisis level pemahaman dengan subyek KMST1, KMST2, KMT1, KMST2, KMR1, KMR2, KMSR1, dan KMSR2. Analisis data menggunkan metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi, serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data (Data Triangulation) dan triangulasi metodologis (Methodological Triangulation). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Subjek dengan tingkat kecemasan matematika sangat tinggi tidak mampu memenuhi seluruh kriteria dari masing-masing indikator pengambilan keputusan heuristik siswa. (2) Subjek dengan tingkat kecemasan matematika tinggi hanya mampu memenuhi dua kriteria dari satu indikator pengambilan keputusan heuristik siswa yaitu availability. (3) Subjek dengan tingkat kecemasan matematika rendah subjek mampu memenehui tiga indikator dari kemampuan pengambilan keputusan heuristik siswa yaitu availability, representas, dan anjustment. (4) Subjek dengan tingkat kecemasan matematika sangat rendah mampu memenuhi seluruh kriteria dari masing-masing indikator pengambilan keputusan heuristik siswa yaitu availability, representas, anjustment, dan anchouring.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

silogisme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Silogisme : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, adalah sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Unmuh Ponorogo) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Ponorogo. ...