EduReligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 4, No 1 (2020)

KONSEP “MERDEKA BELAJAR” PERSPEKTIF ALIRAN PROGRESIVISME JOHN DEWEY

Siti Mustaghfiroh (IAIN Metro Lampung)



Article Info

Publish Date
27 May 2020

Abstract

AbstrakProgresivisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan modern yang menginginkan adanya perubahan mendasar terhadap pelaksanaan pendidikan ke arah yang lebih baik, berkualitas dan memberikan kemanfaatan yang nyata bagi peserta didik. Aliran progresivisme menekankan pentingnya dasar-dasar kemerdekaan dan kebebasan kepada peserta didik. Peserta didik diberikan keleluasaan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang terpendam dalam dirinya tanpa terhambat aturan-aturan formal yang terkadang justeru membelenggu kreativitas dan daya pikirnya untuk menjadi lebih baik. Dalam konteks pendidikan di Indonesia,  konsep “merdeka belajar” yang dicanangkan oleh Mendikbud RI yang baru dinilai sebagai kebijakan besar untuk menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan semakin maju. Selain itu, konsep “merdeka belajar” memiliki arah dan tujuan yang sama dengan konsep aliran filsafat pendidikan progresivisme John Dewey. Keduanya sama-sama menawarkan  kemerdekaan dan keleluasaan kepada lembaga pendidikan untuk mengekplorasi potensi peserta didiknya secara maksimal dengan menyesuaikan minat, bakat serta kecendrungan masing-masing peserta didik. Dengan kemerdekaan dan kebebasan ini, diharapkan pendidikan di Indonesia menjadi semakin maju dan berkualitas, yang ke depannya mampu memberikan dampak positif secara langsung terhadap kemajuan bangsa dan negara. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edureligia

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam is published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, with its main aim to spread critical and original analysis from researchers and academic practitioners on various contemporary educational issues. This journal encompasses research articles, ...