Jurnal Psikologi Sosial
Vol 18 No 2 (2020): Special Issue - Methodological Trends in Social Psychology: Indonesian Context

Epistemological violence, essentialization, dan tantangan etik dalam penelitian psikologi sosial

Monica Eviandaru Madyaningrum (Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, Jl. Paingan, Kab. Sleman, D. I. Yogyakarta, 55281)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2020

Abstract

Tulisan ini hendak membahas persoalan etik dalam penelitian psikologi sosial di Indonesia, yang sejauh ini masih jarang dikaji. Secara khusus, tulisan ini dibangun dengan mengacu pada konsep epistemological violence. Merujuk pada konsep tersebut, penulis berargumen bahwa penelitian psikologi sosial di Indonesia memiliki risiko etis untuk mereproduksi kekerasan epistemologis melalui penggunaan cara pandang yang bersifat essentializing. Mengacu pada argumen ini, penulis mengajukan dua rekomendasi. Pertama, pada tataran personal, penulis memandang pentingnya mengembangkan refleksivitas sebagai sarana untuk mengasah kepekaan etis peneliti. Kedua, terkait dengan peran asosisasi psikologi sosial, penulis berpendapat tentang perlunya asosiasi untuk mendorong diskursus yang lebih kritis tentang etik penelitian dalam studi-studi psikologi sosial di Indonesia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences Other

Description

Jurnal Psikologi Sosial (JPS) adalah sarana untuk mengembangkan psikologi sosial sebagai ilmu pengetahuan maupun sebagai ilmu terapan, melalui publikasi naskah-naskah ilmiah dalam bidang tersebut. JPS menerima naskah-naskah penelitian empiris kualitatif atau kuantitatif terkait dengan ilmu psikologi ...