Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4, No 2 (2020)

MENCIPTA TEKS SYAIR SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP

Wulandari, Yosi (Unknown)
Purwanto, Wachid Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2020

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah upaya menggali dan memunculkan potensi di kalangan guru yang memiliki tugas sebagai pendidik dan pengajar sekaligus contoh bagi peserta didiknya. Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode pelatihan/praktik langsung di lapangan, yaitu praktik menulis teks syair.  Hasil kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru Bahasa Indonesia tingkat SMP di Kabupaten Bantul dapat meningkatkan kemampuan mencipta karya sastra. Selain itu, memiliki pemahaman terhadap cara pengembangan ide tulisan serta unsur syair. Setelah memiliki pemahaman tersebut, kegiatan pelatihan ini meluncurkan buku kumpulan teks syair karya guru-guru yang berjudul Ken Ratri dan Satria Batu Pualam. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian berupa pelatihan penulisan teks syair ini dapat: (1) memperjelas motivasi dan orientasi bersastra sehingga terbentuk kejelasan sikap berkesenian sastra, (2) merangsang semangat (etos) kreatif para peserta pelatihan khususnya dan masyarakat pada umumnya, (3) memupuk minat dan bakat peserta pelatihan sehingga mereka memiliki kepekaan apresiasi dan kemampuan kritis/ekspresi serta pada giliran berikutnya mereka menjadi manusia yang memiliki kepribadian kreatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpmuad

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memiliki fokus pada hasil pengabdian dan pemberdayaan pada masyarakat, baik itu pengabdian dosen maupun KKN oleh mahasiswa. Selanjutnya, cakupan jurnalnya bisa dari berbagai bidang keilmuan, yang dapat memberikan banyak manfaat buat ...