Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5 No 2 (2020): Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Analisis Pengaruh Persepsi Hidup Sehat Terhadap Perilaku Hidup Sehat Siswa Sekolah Dasar

Azmi Al Bahij (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Herwina Bahar (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Iswan Iswan (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Dwi Yulianans (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2020

Abstract

Penerapan perilaku hidup sehat di sekolah oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah, akan membentuk warga sekolah memiliki kemampuan dan kemandirian dalam mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sekolah sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi hidup sehat terhadap perilaku hidup sehat siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di dua sekolah yaitu SDN Waru 03 Bogor, Jawa Barat dan SDIT Nurhanifa Bogor, Jawa Barat. Waktu pelaksanaan pada bulan Juli – Desember 2019. Jumlah populasi 241 siswa dan sampel penelitian yang digunakan menggunakan Teknik random sampling sebanyak 150 siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif survei. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Kemudia data tersebut diolah dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini didapatkan nilai R square sebesar 0,673 atau KD= 0,673X100%= 67,3%. Hal ini dapat diartikan bahwa Persepsi hidup sehat berpengaruh sebesar 67,3% terrhadap perrilaku hidup sehat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tunas

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is a Scientific Journal managed by Department of Elementary Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in March and September) by Institute for Researches and Community ...