Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5 No 2 (2020): Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Efektivitas Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDS Muhammadiyah Pahandut

Misyanto Misyanto (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SDS Muhammadiyah Pahandut antara model pembelajaran VCT dengan model pembelajaran konvensional yang biasa digunakan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu eksperimen dengan desain penelitian post test only control design, yaitu dengan membandingkan kelompok pertama yan g diberikan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapat perlakuan (kelas control). Variabel dalam penelitian ini ada variabel bebas Model Pembelajaran sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV SDS Muhammadiyah Pahandut yang beralamat di Jl. Ulin Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik dilakukan setelah pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistic t-test. Hasil penelitian berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, nilai thitung = 2,375 > ttabel = 1,676 yang berarti penggunaan model pembelajaran VCT lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional. Kelompok yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT lebih aktif peserta didiknya dibandingkan kelompok yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional yang terlihat lebih pasif. Karena model pembelajaran VCT atau teknik memperjelas nilai ini mencoba membina nilai atas dasar prinsip rasional objektif. Artinya melibatkan akal budi yang luhur dalam mengkaji nilai-nilai yang diyakini dan dipertahankan sebagai tuntunan tingkah laku (secara objektif) di masyarakat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tunas

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is a Scientific Journal managed by Department of Elementary Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in March and September) by Institute for Researches and Community ...