Salah satu dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah pelayanan rawat jalan, namun kerap sekali banyak pasien yang kesulitan dalam mendapatkan pelayanan rawat jalan, kurangnya keterbukaan informasi dan akses pendaftaran yang harus dilakukan, ditambah banyaknya kunjungan pasien menyebabkan antrian pasien dengan cara konvensional di tempat menyebabkan pelayanan yang relatif lama. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana merancang proses sistem pendaftaran yang dapat diakses oleh pasien dan mampu dilakukan oleh kalangan umum masyarakat atau pasien. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan rumah sakit Dan mengembangkan sistem yang lebih baik dari sistem informasi yang sudah ada. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dan Object Oriented Analysis yang mempelajari permasalahan dengan menspesifikasikannya atau mengobservasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode berorientasi objek. Hasil penelitian adalah aplikasi pendaftaran rawat jalan berbasis mobile hybrid di RSUD Kemayoran lebih memudahkan pasien dalam melakukan pendaftaran, mendapatkan informasi yang valid, serta dapat lebih menghemat waktu tanpa harus datang lebih pagi hanya untuk mendapatkan no antrian dan pelayanan poliklinik di RSUD Kemayoran. Hal serupa dirasakan oleh petugas sebab petugas dapat menyiapkan berkas pasien sebelum pasien datang di hari sebelumnya, hingga pasien datang petugas sudah siap berkas-berkas yang dibutuhkan, hanya membutuhkan verifikasi data maka pasien bisa lanjut ke poliklinik untuk melakukan pengobatan.
Copyrights © 2020