Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas, yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaa, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa penjas yang mengikuti perkuliahan filsafat penjas dan olahraga, dengan jumlah 45 mahasiswa. Teknik dan instrumen pengempulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil tindakan pada siklus 1 dapat diketahui bahwa 55% mahasiswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi, nilai rata-rata kelas sebesar 68, ketuntasan belajar 68%. Pada siklus 2 diketahui bahwa 80% mahasiswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi, nilai rata-rata kelas sebesar 78, ketuntasan belajar 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga.
Copyrights © 2020