Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 3 No. 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 Juni 2020

HUBUNGAN POSITIVE PARENTING DENGAN KEKERASAN TERHADAP ANAK DI TK CENDANA RUMBAI KOTA PEKANBARU

Yandestri Simorangkir (Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau)
Yeni Solfiah (Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau)
Febrialismanto Febrialismanto (Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini didasar oleh peneliti di TK Cendana Rumbai Kota Pekanbaru. Pengamatan yang dilakukan ialah mengenai kekerasan terhadap anak, dimana tingkat kekerasan terhadap anak tiap tahun persentase selalu bertambah dan sering terjadi di lingkungan rumah. Dalam mengurangi kekerasan terhadap anak diperlukan parenting yang tepat. Positive parenting merupakan pengasuhan berdasarkan kasih sayang, saling menghargai, membangun hubungan yang hangat antara orang tua dan anak, serta menstimulasi tumbuh kembang anak agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Penelitian ini dilakukan di TK Cendana Rumbai Kota Pekanbaru dari bulan Februari sampai Maret 2020 dengan menyebarkan angket/kuisioner. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang tua di TK Cendana Rumbai Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket/kuisioner . Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan menggunakan SPSS Windows Ver. 20. Dari hasil analisis data diperoleh thitung 3,222 karena nilai (Sig.2-tailed) = 0,000

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a national, multidisciplinary, peer-reviewed, open access journal that promotes the publication of scientific articles in all fields of basic education. As a multidisciplinary journal, the Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) recognizes ...