Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia
Volume 2 No 1 (Juni 2020)

Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class di Kampus UPI Cibiru

Sari, Intan Permata (Unknown)
Kartina, Annisa Hasna (Unknown)
Pratiwi, Ajeng Mubdi (Unknown)
Oktariana, Fitri (Unknown)
Nasrulloh, Muhammad Farhan (Unknown)
Zain, Sahla Analia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Fasilitas sistem informasi dalam mendukung kegiatan perkuliahan dan pembelajaran sangatlah penting. Adanya fasilitas sistem informasi yang baik, maka proses perkuliahan juga dapat berjalan dengan lebih efektif. Informasi yang kurang jelas mengenai jadwal kelas di UPI Cibiru membuat mahasiswa dan dosen di kampus UPI Cibiru merasa kurang nyaman. Oleh karena itu dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, kami berupaya memanfaatkan untuk merancang aplikasi sistem informasi yang bernama Happy Class. Pada penelitian ini kami menggunakan metode pendekatan design thinking yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Kami melakukan empati, observasi, dan mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di dilingkungan kampus UPI cibiru, sehingga kami menemukan gagasan baru sebagai solusi dari permasalahan yang ada, yaitu merancang aplikasi Happy class untuk mempermudah mahasiswa dan dosen dalam mengakses informasi  tentang  kondisi  kelas  secara  real-time.  Sehingga  diharapkan  proses pembelajaran dapat berlansung dengan on-time dan tidak memakan waktu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Edsence

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Multimedia (Edsense) is a national journal intended as a communication forum for Multimedia and other scientists from many practitioners who use Multimedia in research. Edsense received a manuscript in areas of study Multimedia widely, and multidisciplinary based on Multimedia ...