Media iklan menjadi sarana pemasaran paling efektif dalam mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat, baik berupa karya fotografi yang terpampang banyak di pinggir jalan atuapun karya videografi. Iklan produk rokok memiliki batasan dalam mengenalkan produknya karena tidak diizinkan untuk memperlihatkan bentuk rokok secara utuh, sehingga dibutuhkan kreativitas untuk memberikan kesan kuat pada setiap iklannya untuk dapat memberikan pesan dan kesan terhadap konsumen. Tujuan darai penelitian ini adalah menganalisis semiotika pada iklan billboard campaign A Mild edisi ‘ Nanti Lo Juga Paham’ untuk menemukan makna dan pesannya. Metode yang digunakan dalan penelitian ini yaitu Meteode penelitian ini menggunakan metode Content Analysis (Analisisi Isi) dengan analisis teori semiotika Roland Barthnes, tingkatan denotasi dan konotasi dengandidukung oleh teori semiotika structural. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada iklan rokok A Mild terdapat 6 elemen, dengan masing-masing posisi berbeda dan memiliki relasi, totalitas dan system sebagai hasil dari analisis semiotika structural. Pada analisis denotasi dan konotasi sebagai tanda didukung oleh semiotika structural memberikan jawaban bahwa dalam iklan A Mild edisi ‘nanti juga lo paham’ memberikan pesan bahwa Pria akan memiliki ketenangan dalam menghadapi segala situasi dengan penuh percaya diri, kuat dan keyaninan dalam menjalankan hidup yang misterius seperti didasar lautan jika Bersama A Mild.
Copyrights © 2020