Peningkatan industri pusat perbelanjaan atau mall menjadi salah satu sektor penopang pertumbuhan perekonomian Indonesia. Maraknya mall memberikan kesempatan untuk para pelaku bisnis memasarkan produknya dan para konsumen untuk melakukan pembelian secara nyaman, sehingga perputaran ekonomi dapat terdorong. Perkembangan pusat perbelanjaan di Indonesia terjadi di berbagai kota salah satunya di kota Surabaya. Kini kota Surabaya menjadi kota yang memiliki mall terbanyak kedua setelah Jakarta. Salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya yang berstandar high class mall adalah Ciputra World Surabaya. Ciputra World Surabaya mengusung sebuah konsep yaitu “The Magnificent World of Lifestyle”, untuk menggambarkan citranya sebagai pusat perbelanjaan yang tidak hanya mengakomodasi aktivitas shopping, melainkan dapat menjadi family mall yang menyajikan kualitas terbaik dalam hiburan, makan, dan rekreasi Dalam mempertahankan citranya tersebut, Ciputra World Surabaya mengandalkan aktivitas public relations yang menjadi salah satu kunci kesuksesan perusahaan. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas public relations yang dilaksanakan oleh mall Ciputra World Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas public relations yang dilakukan oleh mall Ciputra World Surabaya terbagi menjadi tiga jenis yaitu corporate public relations, stakeholder relations dan marketing public relations. Diantara ketiga jenis aktivitas tersebut, yang paling dominan dilaksanakan adalah corporate public relations dan marketing public relations. Sedangkan aktivitas stakeholder relations masih belum banyak dilakukan dan membutuhkan pengembangan kedepannya.
Copyrights © 2020