Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 8 No 1 (2020): Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 8 No 1 Juli 2020

Aktivitas Public Relations Di Mall Ciputra World Surabaya

Monika Teguh (Universitas Ciputra Surabaya)
Anandari Priska (Universitas Ciputra Surabaya)
Bungin Burhan (Universitas Ciputra Surabaya)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2020

Abstract

Peningkatan industri pusat perbelanjaan atau mall menjadi salah satu sektor penopang pertumbuhan perekonomian Indonesia. Maraknya mall memberikan kesempatan untuk para pelaku bisnis memasarkan produknya dan para konsumen untuk melakukan pembelian secara nyaman, sehingga perputaran ekonomi dapat terdorong. Perkembangan pusat perbelanjaan di Indonesia terjadi di berbagai kota salah satunya di kota Surabaya. Kini kota Surabaya menjadi kota yang memiliki mall terbanyak kedua setelah Jakarta. Salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya yang berstandar high class mall adalah Ciputra World Surabaya. Ciputra World Surabaya mengusung sebuah konsep yaitu “The Magnificent World of Lifestyle”, untuk menggambarkan citranya sebagai pusat perbelanjaan yang tidak hanya mengakomodasi aktivitas shopping, melainkan dapat menjadi family mall yang menyajikan kualitas terbaik dalam hiburan, makan, dan rekreasi Dalam mempertahankan citranya tersebut, Ciputra World Surabaya mengandalkan aktivitas public relations yang menjadi salah satu kunci kesuksesan perusahaan. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas public relations yang dilaksanakan oleh mall Ciputra World Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas public relations yang dilakukan oleh mall Ciputra World Surabaya terbagi menjadi tiga jenis yaitu corporate public relations, stakeholder relations dan marketing public relations. Diantara ketiga jenis aktivitas tersebut, yang paling dominan dilaksanakan adalah corporate public relations dan marketing public relations. Sedangkan aktivitas stakeholder relations masih belum banyak dilakukan dan membutuhkan pengembangan kedepannya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communicolo

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Communicology: Jurnal Komunikasi published by prodi DIII Hubungan Masyarakat UNJ. Starting in 2017, Published 2x year, on July and December. ...