Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)
Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT OLEH GURU PENJAS KOTA BANDAR LAMPUNG

Lungit Wicaksono (Universitas Lampung)
Dimas Duta Putra Utama (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2020

Abstract

Penggunaan Media Pembelajaran Information, Communication and Technology (ICT) dunia pendidikan sudah menjadi kebutuhan yang mendasar untuk meningkatkan proses pendidikan. Penggunaan ICT pada guru olahraga (penjasorkes) baik di sekolah dasar dan menengah di Kota Bandar Lampung relatif minim. Hal ini ditunjukan oleh masih sedikit jumlah guru menggunakan media ICT dalam pembelajaran gerak yang sangat cepat dan sulit diamati secara langsung. Kemampuan ICT yang dimiliki setiap guru Penjasorkes berbeda-berbeda baik dari penerapan maupun implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT bagi guru penjasorkes di Kota Bandar Lampung. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Prosedur pengumpulan data memalui angket yang disebar pada guru Penjasorkes. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian yang dilakukan kepada guru Penjasorkes di Kota Bandar Lampung sekolah dasar dan menegah menunjukan pada kategori sering menggunakan 38 guru dengan persentase 41,30% ini dikategorikan pada sering memanfaatkan ICT dan digunakan dalam pembelajaran rata-rata 8x persemester, kategori Sering 19 Guru dengan presentase 20,65% dengan kategori memanfaatkan ICT namun tidak sering dilihat dari 6x pertemuan persemester, kategori sedang 14 Guru dengan persentase 15,21% guru dalam memanfaatkan ICT kategori sedang karena kurangnya pengetahuan dan penggunaan ICT tersebut, Kategori Kurang 9 Guru dengan persentase 9,78% kurang memanfaatkan ICT karena fasilitas yang terbatas dan pengetahuan guru tentang ICT yang kurang, dan kategori kurang sekali menggunakan 8 guru dengan persentase 8,69% dalam pemanfaatan ICT Persemester kurang 2 kali mengggunakan. Dengan demikian guru sudah memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran, namun belum maksimal digunakan karena kondisi media pembelajaran dari fasilitas sudah memadai akan tetapi dengan jumlah yang terbatas serta perlu adanya pelatihan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kejaora

Publisher

Subject

Humanities Education Physics

Description

Jurnal Kejaora merupakan kumpulan dari jurnal hasil-hasil penelitian, kajian pustaka dan karya ilmiah dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan rekreasi. Diterbitkan secara berkala dua kali per tahun pada Bulan April dan November oleh Jurusan (Program Studi) Pendidikan Jasmani ...