JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MELALUI METODE EKSPOSITORI PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 SD NEGERI PASAR BARU BAYANG PESISIR SELATAN

Atika Ulya Akma (Univeritas Negeri Padang)
Nenen Salmi (Univeritas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui metode pembelajaran ekspositori pada siswa kelas V SD Negeri 5 Pasar Baru Bayang pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui beberapa teknik yaitu (1) observasi, (2) dokumentasi, (3) tes akhir siklus. Data dianalisis dengan menggunakan analisis rata-rata skor kelas, ketuntasan belajar klasikal, observasi aktivitas siswa, dan angket tentang respons siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah tindakan pada akhir siklus pertama dengan skor rata-rata dan persentase penguasaan belajar yang meningkat dari siklus I ke siklus II, yaitu dari rata-rata skor 61,9 hingga 73,3 dengan skor kriteria penguasaan minimum (KKM) 76. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Fisika melalui metode pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 5 SD Negeri 5 Pasar Baru Bayang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...