Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 2 (2020): Juni

Manfaat Alam Dan Tumbuhan “Sumber Belajar Anak” Dalam Perspektif Islam

Syaiful Rizal (Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember)



Article Info

Publish Date
09 May 2020

Abstract

ABSTRAK Keberadaan alam dan seluruh benda-benda yang terkandung di dalamnya merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan. Secara keseluruhan saling membutuhkan, saling melengkapi dan memberikan manfaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Al-Qur’an dan Al-Hadist memandang alam dan manfaat tumbuhan sebagai sumber dan media belajar anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library riset. Hasil penelitian menjelaskan bahwasanya alam sebagai sumber belajar atau ilmu pengetahuan bagi manusia, yaitu : Sumber Astronomi, Geografi, Meteorologi, Oceaographi dan Ilmu Pelayaran, Geologi, Biologi, Botani, Zoologi, dan Sumber Kimia. Tumbuhan selain sebagai salah satu amal Jariyah bagi manusia, tumbuhan bisa menjadi sumber oksigen dan sebagai sumber obat tradisional bagi makhluk hidup. Kata Kunci: Al-Qur’an, Al-Haidst, Alam dan Tumbuhan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CEJ

Publisher

Subject

Education

Description

CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP2M) Intitut Agama Islam Al-Qodiri Jember . Childhood Education merupakan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang berisikan tulisan ilmiah tentang ...