Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 2 (2020): Juni

Penerapan Metode Bermain Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak TK Dharma Wanita I Jatimulyo Jenggawah Jember

Nurul Anam (Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember)
Desi Martasari (Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember)



Article Info

Publish Date
09 May 2020

Abstract

ABSTRAK Untuk dapat mewujudkan generasi- generasi mudah yang berkualitas, tentunya tidak lepas dari kata pendidikan, lebih lagi pendidikan dari usia dini yang merupakan pondasi utama yang harus segera di bangun. Taman kanak- kanak jalan terbaik untuk mewujudkan itu semua, taman kanak- kanak merupakan area bermain anak yang paling tepat, karna selain bermain di taman kanak- kanak dapat diperoleh berbagai imu pengetahuan. Jika berbicara tentang anak- anak tidak akan asing dengan kata bermain, bermain merupakan dunia anak yang paling menjadi peran utama. Dengan bermain anak- anak akan merasa senang, akan merasa nyaman, akan mempunyai banyak teman dan banyak pengetahuan. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Metode Bermain dalam Meningkatkan minat baca anak Tk Dharma Wanita I Jatimulyo? Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan: Kualitatif, yang Jenis penelitiannya menggunakan Field Research, metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi, dengan analisis data menggunakan reduksi, display data, verifikasi data dan denga keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari skrispsi ini adalah Penerapan metode bermain dalam meningkatkan minat baca Tk Dharma Wanita I Jatimulyo tahun 2018/2019 terdiri dari 1). Perencanaan dalam metode bermain seperti menyiapkan media bermain, memberikan petunjuk permainan, menginformasikan tehnik permainan, memberikan contoh permainan dan menilai hasil permainan. 2) Pelaksanaan, dalam pelaksanaan terdapat beberapa kegiatan seperti kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup, dan yang ke 3) Evaluasi, evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi diagnotstik, sehingga hasil yang di peroleh menjadi lebih maksimal dan berprestasi. Kata Kunci: Metode Bermain, Minat Baca.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CEJ

Publisher

Subject

Education

Description

CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP2M) Intitut Agama Islam Al-Qodiri Jember . Childhood Education merupakan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang berisikan tulisan ilmiah tentang ...