Jurnal Spektrum Komunikasi
Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Spektrum Komunikasi

Pemanfaatan Media Sosial Oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Kabupaten Malang

Herru Prasetya Widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial oleh Dinas Pariwisata dan Kabupaten Malang dalam meningkatkan jumlah wisatawan di Kabupaten Malang dan untuk mengetahui hambatan dalam penggunaan media sosial oleh dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten malang dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di kabupaten malang.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menganalisis tentang pemanfaatan media sosial oleh Dinas Pariwisata dan Kabupaten Malang Teknik pengumpulan data dilakukan pada penelitian untuk mendapatkan informasi data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan media sosial yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang cukup membantu dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Malang.Dengan memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi keefektifan pesan yang disampaikan melalui media sosial, adapun faktor tersebut adalah konten foto dan video yang menarik, mudah dipahami dan tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan yang khalayak inginkan dan memberikan sebuah saran serta mendapatkan tanggapan.Adapun hambatan yang didapatkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang dalam memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang di Kabupaten Malang yaitu kurangnya sumber daya manusia yang khusus mengisi konten media sosial mereka. Hambatan yang lain yaitu, kadang data yang didapatkan dari orang lain tidak sesuai dengan fakta yang ada dilapangan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

spektrum

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Communications and media theories Broadcasting Journalism Public Relations Advertisings Tourism Popular Cultures Communication Politics Creative industries Arts and designs Research methodologies in communications and media studies Communication and media policy Internet and social media ...