DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
Vol 2, No 1 (2020)

Kepraktisan Aplikasi Fisika Isomorfis (Forfis) Berbasis Android dalam Menunjang Pembelajaran Mandiri

Sari, Desy Kumala (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Aplikasi Fisika Isomorfis (FORFIS) merupakan aplikasi berbasis android yang dapat melatih peserta didik untuk memecahkan masalah-masalah yang bersifat isomorfis. Konten aplikasi ini telah ditelaah oleh ahli dan telah dinyatakan “layak”. Namun, kepraktisan aplikasi FORFIS dalam pembelajaran fisika di kelas belum dilakukan pengujian. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepraktisan aplikasi FORFIS dalam pembelajaran fisika di dalam kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang diperoleh melalui angket respon peserta didik setelah proses pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil persentase kemudian diinterpretasikan sesuai dengan kriteria kepraktisan. Analisis data menunjukkan rata-rata respon peserta didik sebesar 92% dengan kategori “sangat baik”. Hal ini berarti peserta didik sangat tertarik pada aplikasi FORFIS. Dengan demikian aplikasi FORFIS merupakan aplikasi pembelajaran mandiri yang telah layak dan praktis digunakan dalam memenuhi sumber belajar peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Diffraction

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Social Sciences

Description

Jurnal DIFFRACTION mempublikasikan temuan baru yang signifikan terkait dengan fisika pendidikan dan fisika terapan, meliputi: pembelajaran fisika, penilaian pendidikan fisika, kebijakan pendidikan fisika, pengembangan media pembelajaran fisika, bahan ajar fisika, serta fisika ...