Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Vol 10, No 1 (2020): VOLUME 10 NOMOR 1 TAHUN 2020

Pengaruh Metode Audiovisual Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Penguasaan Teknik Dollyo Chagi

Taupik Rochman (Universitas Suryakancana)
Vickry Maulana Yusuf (Unknown)
Agung Brata Wijaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2020

Abstract

Pentingnya penguasaan teknik dollyo chagi bagi atlet tae kwon do menjadi latar belakang penelitian ini, mengingat teknik tersebut merupakan salah satu teknik dasar yang memiliki tingkat kesulitan yang tidak terlalu tinggi namun sangat efektif untuk menghasilkan angka dalam pertandingan. Proses latihan merupakan salahsatu kunci utamanya apalagi didukung dengan penggunaan model latihan yang tepat, karena itu penulis tertarik untuk membandingkan secara ilmiah antara metode audiovisual dengan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi siswa laki-laki kelas VII MTs. Iā€™anatut Thalibin, dan sampelnya adalah semua siswa laki-laki yang mengikuti ektrakurikuler tae kwon do yang berjumlah 20 orang. Hasil analisis data yang diperoleh, menunjukan bahwa latihan teknik dollyo chagi dengan menggunakan metode audiovisual maupun metode demonstrasi sama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan dollyo chagi. Dihitung dengan uji signifikan perbedaan dua rata-rata satu pihak diperoleh perbedaan pengaruh yang signifikan dari kedua bentuk latihan tersebut dan dapat disimpulkan bahwa latihan yang menggunakan metode audiovisual memberikan pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan dengan latihan yang menggunakan metode demonstrasi terhadap penguasaan dollyo chagi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

maenpo

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Public Health Other

Description

Maenpo Journal is a Journal of Physical Education in Health and Recreation which is published online and this Journal is published 2 times / year in the period January-June and July-December p-ISSN (2089-2341). e-ISSN (2721-7175)is published by the Physical Education and Health Study Program, FKIP ...