Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan pelayanan pasien (mahasiswa) pada Poliklinik Universitas PGRI Palembang. Metode penelitian analisis deskriptif kualitatif dengan populasi 250 pasien setiap bulannya dengan sampel 72. Pengumpulan data dengan lembar isian kepada responden untuk penilaian pasien terhadap Kinerja Nyata (PP) dan Kinerja Harapan (EX). Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) yaitu perbedaan nilai PP dengan nilai EX.           Hasil penelitian menunjukan bahwa pasien (mahasiswa) merasa puas terhadap pelayanan pihak Poliklinik dengan rerata skor 0,18, dari 10 indikator kepuasan yaitu: Prosedur penerimaan pasien 0,06; Pelayanan pemeriksaan dan pengobatan - 0,03; Kemampuan dokter 0,57; Kecepatan tindakan 0,21; Keterampilan perawat 0,13; Keramahan perawat 0,21; Kebersihan ruangan 0,03; Kerapian ruangan 0,26; Kenyamanan ruangan  0,20 dan Kelengkapan alat-alat yang dipakai 0,09 . Kata kunci: PP, EX, IKP
Copyrights © 2012