Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 4, No 1 (2019): TEKS

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS VII SMP KENDAL

Eriyati Eriyati (Unknown)
Suwandi Suwandi (Unknown)
Nazla Maharani Umaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2020

Abstract

Artikel berikut membahas hasil penelitian meliputi hasil analisis kebutuhan lapangan, Desain produk bahan ajar membaca pemahaman dengan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Hasil validasi ahli dan uji coba, dan tahap evaluasi. (1) Hasil analisis kebutuhan lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman di sekolah masih banyak membutuhkan materi-materi yang khusus mempelajari membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran. (2) Desain produk bahan ajar membaca pemahaman dengan metode Survey, Question, Read, Recite. Review ( SQ3R) dirancang berdasarkan karakter pengembangan bahan ajar, kajian teoritik, kebutuhan-kebutuhan, dan analisis bahan ajar yang sudah ada. selain itu bahan ajar juga disusun berdasarkan kurikulum yang sedang berlangsung. (3) Bahan ajar kemudian dilakukan konsultasi untuk validasi  dan revisi produk oleh pakar. Konsultasi terhadap produk yang akan diujicobakan dilakukan dengan pakar untuk mendapat komentar, saran dan persetujuan.(4) Tahap evaluasi dilaksanakan berdasarkan revisi hasil uji coba produk awal, kemudian dilakukan uji coba produk utama untuk menganalisis perbedaan antara bahan ajar yang sudah ada dengan bahan ajar yang baru yang telah dikembangkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

teks

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial ...