ACTA VETERINARIA INDONESIANA
Vol. 8 No. 2 (2020): Juli 2020

Observasi Kesembuhan Distant Skin Flap yang dirawat dengan Dry Dressing dan Moist Dressing

Erwin Erwin (Laboratory of Clinic and Surgery Faculty of Veterinary Medicine Syiah Kuala University Banda Aceh, Indonesia)
Syafruddin Syafruddin (Laboratorium Klinik Bedah, Fakultas Kedokteran Hewan Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Fadrial Karmil (Laboratorium Klinik Bedah, Fakultas Kedokteran Hewan Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Sugito Sugito (Laboratorium Klinik Bedah, Fakultas Kedokteran Hewan Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Razali Daud (Laboratorium Klinik Bedah, Fakultas Kedokteran Hewan Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Roslizawaty Roslizawaty (Laboratorium Klinik Bedah, Fakultas Kedokteran Hewan Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Zainuddin Zainuddin (Laboratorium Histologi, Fakultas Kedokteran Hewan Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Roby Luksmana (Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan, Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2020

Abstract

Distant flap adalah teknik bedah untuk merekonstruksi luka yang jauh dari sumber flaps berasal. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kesembuhan luka distant skin flap dengan perawatan dry dressing dan moist dressing secara subjektif dan objektif. Penelitian ini menggunakan 6 ekor kucing lokal jantan berumur 1-2 tahun dengan berat badan 2-3 kg, dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan. Semua kucing dibuat luka dengan ukuran 2x2 cm pada kulit metacarpus, luka ditangani dengan teknik distant skin flap yang berasal dari lateral thoraks sebagai sumber flaps. Distant skin flap dirawat dengan dry dressing menggunakan kasa steril (K-I) dan moist dressing menggunakan sofratulle® (K-II). Pengamatan subjektif kesembuhan distant skin flap pada hari ke-3, 6, 9 dan 12 pasca bedah, sedangkan uji pendarahan dan pengamatan objektif pada hari ke-18 pasca bedah. Data kuantitatif pengamatan subjektif dan objektif dianalisis menggunakan analisis varian multivariate dan post hoc test Duncan dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil pengamatan subjektif menunjukkan kesembuhan luka distant skin flap yang dirawat dengan moist dressing lebih baik dari pada dry dressing. Hari ke-12 warna kulit flaps kembali sama dengan kulit sekitar, respon nyeri berkurang, dan pertumbuhan rambut lebih cepat. Pengamatan objektif menunjukkan waktu absorbsi NaCl 0,9% dan efek obat lebih cepat pada kelompok moist dressing. Kesembuhan distant skin flap yang dirawat dengan moist dressing lebih cepat dibandingkan dengan dry dressing.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

actavetindones

Publisher

Subject

Veterinary

Description

Acta Veterinaria Indonesiana (Indonesian Veterinary Journal) mempublikasikan artikel-artikel dalam bentuk: penelitian, ulasan, studi kasus, dan komunikasi singkat yang berkaitan dengan berbagai aspek ilmu dalam bidang kedokteran hewan, biomedis, peternakan dan bioteknologi. Artikel ditulis dalam ...