Mimbar PGSD Undiksha
Vol 8, No 3 (2020): Oktober

Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn

Asti Riandini, Putu Vadia (Unknown)
Sudatha, I Gde Wawan (Unknown)
Parmiti, Desak Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Rendahnya hasil belajar PPKn dikarenakan kurangnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn, korelasi anatara motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn, korelasi antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini berjumlah 232 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 173 siswa. Pemilihan sampel dengan teknik propotional random sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner dan pecatatan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD diperoleh koefisien korelasi R sebesar 0,642 dan sumbangan kontribusi variabel 41,2%. Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn diperoleh koefesien korelasi R sebesar 0,656 dan sumbangan kontribusi variabel 43,2%. Ketiga, secara bersama-sama terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD dengan diperoleh koefesien korelasi sebesar 0,713 dan sumbangan kontribusi sebesar 50,3%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar hasil belajar PPKn Siswa kelas IV SD.

Copyrights © 2020