Sosiohumaniora
Vol 22, No 2 (2020): SOSIOHUMANIORA, JULY 2020

INTEGRASI PELAYANAN SOSIAL UNTUK MEMBANTU PENYESUAIAN DIRI LANJUT USIA (STUDI KASUS DI BALAI PERLINDUNGAN SOSIAL TRESNA WERDHA CIPARAY KABUPATEN BANDUNG)

Fadlurrohim, Ishak (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2020

Abstract

Masalah utama yang dihadapi lanjut usia adalah penurunan kesehatan fisik dan mental yang membuat penyesuaian diri terhadap pelayanan sosial meliputi lingkungan alamiah, diri sendiri dan lingkungan sosial nya. Penelitian ini bertujuan mengetahui Integrasi Pelayanan sosial di.Balai.Perlindungan.Sosial.Tresna.Werdha.Ciparay yang mempengaruhi.proses penyesuaian diri lanjut usia dalam menghadapi penolakan terhadap dirinya maupun lingkungan sosialnya. Terutama menghadapi proses transformasi dalam kehidupan, Penelitian menemukan bahwa Peningkatan pelaksanaan dan pengembangan lembaga pelayanan sosial menjadi salah satu hal penting dalam menilai mutu dan kualitas suatu lembaga terutama pelayanan sosial terhadap lanjut usia yang semakin dibutuhkan. Di sisi lain diakibatkan karena.lemahnya.kemampuan pengorganisasian dan manajerial sebagai keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan kegiatan pelayanan sosial. kemampuan dan keterampilan manajerial dan organisasi merupakan salah satu aspek yang penting dalam menciptakan integrasi pelayanan sosial yang mempengaruhi kondisi lanjut usia yang tinggal di panti dalam menerima perubahan kondisi baik secara fisik maupun mental. Budaya organisasi menjadi salah satu kendala terwujudnya integrasi pelayanan sosial baik organisasi formal maupun informal yang membentuk intervensi pelaksanaan pelayanan sosial untuk membentuk penyesuaian diri lanjut usia selama ada di.panti.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sosiohumaniora

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Sosiohumaniora adalah jurnal berskala nasional yang mencakup kajian ilmu sosial dan humaniora. Jurnal ini menaruh perhatian pada persoalan gender, pemberdayaan masyarakat, lembaga dan administrasi publik, sistem pemerintahan lokal dan kesehatan masyarakat. Jurnal Sosiohumaniora akan ...