JKPD : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
Vol 5, No 2 (2020): Juli 2020

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIMERZ PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

Sabillah, Bellona Mardhatillah (Unknown)
Jusmawati, Jusmawati (Unknown)
Satriawati, Satriawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Pendidikan abad 21 ditandai dengan adanya era revolusi industri 4.0. Pembelajaran dilaksanakan dengan berbasis Daring. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis daring terhadap minat belajar matematika mahasiswa Prodi PGSD Universitas Megarezky. Populasi penelitian sebanyak 297 mahasiswa yaitu seluruh mahasiswa Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Megarezky. Dengan menggunakan teknik simple random sampling, didapatkan sampel sebanyak 30 mahasiswa. Hasil analisis uji normalitas menunjukkan pada minat belajar berbasis daring nilai sig 0,571 lebih dari 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas adalah 0,443 lebih dari 0,05 (homogen), dan hasil uji linearitas adalah 0,592 lebih dari 0,05 (linear). Berdasarkan hasil uji hipotesis, pembelajaran berbasis daring dan minat belajar matematika mahasiswa menunjukkan nilai sig 0,038 α (0,05). Akhirnya, penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis daring terhadap minat belajar matematika mahasiswa Prodi PGSD Universitas Megarezky.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkpd

Publisher

Subject

Education

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang ilmu pendidikan secara Umum dan Pendidikan Dasar secara khusus. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) (p-ISSN: 2527-418X), berfokus pada masalah utama ...