Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 BOMBANA

Wulandari, Wulandari (Unknown)
Irawaty, Irawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

ABSTRAK: Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru sosiologi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bombana? (2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bombana? (3) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di kelas XI  IPS 2 SMA Negeri 1 Bombana?.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam prosedur pelaksanaannya, penelitian dilaksanakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan persentase dengan KKM sebesar 85% siswa memperoleh skor minimal 75.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas mengajar guru sosiologi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I hanya mencapai 83,33%, hal ini menunjukkan belum tecapainya indikator kinerja yang telah diterapkan yakni 90% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 96%. Dengan demikian, telah mencapai indikator kinerja yaitu 90%. (2) Aktivitas belajar sosiologi siswa pada siklus I hanya 79,16% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92% dengan demikian telah mencapai indikator kinerja yaitu 85%. (3) Hasil belajar sosiologi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkat dengan persentase awal pada pada siklus I hanya 45%, hal ini menunjukkan belum tercapainya indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni 85%. Pada siklius II mengalami peningkatan menjadi 90%; demikian telah mencapai indikator kinerja yaitu 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru, meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bombana. Kata Kunci: Model, Penarapan, Kooperatif Jigsaw

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

p_sejarah_uho

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Terbitan awal Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO ...