Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 1 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 1 Tahun 2019

PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASTERY LEARNING DAN REACT DALAM MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KONSEP

Pertiwi, Faninda Novika (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2019

Abstract

AbstrakIPA merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi PGMI, Namun mahasiswa PGMI tidaksemuanya berasal dari lulusan SMA/SMK IPA. Oleh karena itu dalam mengajarkan IPAdiperlukan konsep pembelajaran tertentu agar seluruh mahasiswa dapat menguasai konsepkonsepyangtelahdipelajarinya.PadapenelitianiniakandiujikankeefektifanMasteryLearning dan REACT terhadap penguasaan konsep mahasiswa. Data yang dihasilkan dari penelitian iniadalah data penguasaan konsep mahasiswa yang telah mengalami pembelajaran MasteryLearning dan REACT selama 4 pertemuan berturut-turut. Hasil penelitian yang didapatkanberdasarkan hasil tes penguasaan konsep yaitu pembelajaran IPA dengan Mastery Learninglebih efektif daripada REACT. Analisis yang dilakukan yaitu dengan menggunakan ANAVAdan Uji lanjut yaitu Uji Scheffe. Berdasarkan hasil ANAVA diperoleh hasil Fhitung > Ftabel yaitu4,19 > 4,04 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep mahasiswayang mengalami pembelajaran menggunakan Mastery Learning dengan mahasiswa yangmengalami pembelajaran menggunakan REACT. Selanjutnya, untuk mengetahui lebih efektifmana antara Mastery Learning dan REACT maka dilakukan uji lanjut yaitu uji Scheffe. Hasil ujiScheffe untuk penguasaan konsep mahasiswa menunjukkan bahwa t (2,047) > t kritis (2,009),maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi pembelajaran IPA dengan Mastery Learning terbuktilebih efektif daripada pembelajaran IPA dengan REACT terhadap penguasaan konsepmahasiswa.Kata Kunci: Penguasaan Konsep, Pembelajaran Fisika, Mastery Learning, REACT

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ed-humanistics

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan ...