Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 2 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 2 Tahun 2019

PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA TERHADAP MINAT PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS (SURVEY PADA SMK SWASTA KOTA TANGERANG)

Fitri Apriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh konsep diri dan kemampuan kognitif terhadap minat pada pelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey korelasional, dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang, yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrument pengisian angket dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi Y = 42,574 + 0,332 X1 + 0,359 X2 dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari nilai ? = 0,05 hal ini menunjukkan bahwa regresi berpola linear. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan kemampuan kognitif terhadap minat pada pelajaran Bahasa Inggris, siswa SMK swasta kota Tangerang, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 dah Fh = 16,385. Secara bersama-sama konsep diri dan kemampuan kognitif memberikan kontribusi sebesar 31,9 % terhadap variabel minat belajar Bahasa Inggris. 2)  Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap minat belajar Bahasa Inggris, siswa SMK swasta kota Tangerang, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,004 < 0,05 dah th = 2,986. Variabel konsep diri memberikan kontribusi sebesar 14,33 % dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap minat belajar Bahasa Inggris, siswa SMK swasta kota Tangerang, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,001 < 0,05 dah th = 3,425. Variabel konsep diri memberikan kontribusi sebesar 17,55 % dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ed-humanistics

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan ...