Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol 1, No 1 (2019)

Efektivitas Penerapan Metode Round Table dan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal

Pradipta Annurwanda (STKIP Pamane Talino)
Rizki Nurhana Friantini (STKIP PAMANE TALINO)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran Round Table dengan metode pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa; 2) Untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh kemampuan awal tinggi  dan rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa; 3) Untuk mengetahui adakah interaksi antara metode pembelajaran Round Table dan ekspositori dengan kemampuan awal siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Maniamas Ngabang berjumlah 105 siswa, dengan sampel kelas VIII C dan VIII D berjumlah 78 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Data kemampuan awal siswa didapatkan dari hasil nilai ulangan harian terakhir. Data prestasi belajar diperoleh dari tes yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda terhadap soal tes yang akan digunakan.Teknik analisis data menggunakan Analisis Variansi (ANAVA) dua jalan  dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis data didapatkan: 1) Ada perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran Round Table dengan metode pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa; 2) ada perbedaan pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa; 3) ada interaksi antara metode pembelajaran Round Table dan ekspositori dengan kemampuan awal siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini adalah 1) Metode pembelajaran Round Table lebih efektif daripada metode pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa; 2) Siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa; 3) ada interaksi antara metode pembelajaran Round Table dan ekspositori dengan kemampuan awal tinggi dan rendah  terhadap prestasi belajar matematika siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

The focus and scope of the Journal Riemann cover the following topics: 1. Mathematics Teaching 2. Mathematical Applications 3. Mathematical Computerization 4. Model of Mathematics ...