Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA disebabkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu dengan ceramah dan pemberian tugas. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan metode talking stick pada siswa kelas V semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 di SDN 2 Watuagung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data kuantitatif diperoleh melalui tes hasil belajar. Sedangkan analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dalam bentuk naratif. Hasil penelitian diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar dari 56,50 naik menjadi 65,00 pada siklus pertama dan 75,00 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 2 siswa pada studi awal, 50 persen atau 10 siswa pada siklus pertama, 19 siswa atau 95 persen pada siklus kedua, sehingga dapat disimpulkan bahwa kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran telah terpenuhi dan tercapai.
Copyrights © 2017