Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 7 No. 2 (2017): October

Komunikasi Pemasaran Museum Mpu Tantular

Dini Fajratul (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2017

Abstract

Museum sebagai tempat yang dijadikan destinasi wisata, karena di dalam museum banyak pengetahuan dan pengalaman yang didapat, terutama yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan, seperti museum Mpu Tantular. Dalam artikel ini peneliti ingin membahas tentang bagaimana srategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola museum Mpu Tantular. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Museum Mpu Tantular untuk menarik minat wisatawan agar berkunjung ke museum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran museum Mpu Tantular adalah dengan memberikan pelayanan yang baik dan menjalin kedekatan dengan masyarakat, selain itu museum Mpu Tantular juga rutin menggelar kegiatan yang menarik sehingga menimbulkan minat masyarakat untuk mengunjungi museum. Museum Mpu Tantular juga memanfaatkan media untuk melakukan proses promosi, baik menggunakan media konvensional seperti koran, brosur, dan baliho, maupun media baru seperti website dan media sosial.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (Print ISSN: 2088-981X; Online ISSN: 2723-2557) adalah jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM). Jurnal Ilmu Komunikasi diharapkan ...