Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 6 No. 2 (2016): Oktober

Strategi Komunikasi Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia untuk Literasi Media pada Masyarakat Surabaya

Nur Sholichah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2016

Abstract

Kemampuan literasi media sangat dibutuhkan oleh masyarakat di tengah banyaknya persoalan yang terjadi pada media massa saat ini. Beragam upaya dilakukan oleh lembaga-lembaga masyarakat guna meningkatkan daya melek masyarakat terhadap media massa. Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) termasuk lembaga yang melakukan upaya pendidikan literasi media kepada masyarakat melalui terjun ke masyarakat langsung dan juga seminar. Artikel ini membahas tentang strategi komunikasi IMIKI untuk literasi media pada masyarakat Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi IMIKI untuk literasi media pada masyarakat Surabaya adalah dengan 4 tahap kunci, yaitu planning, organizing, actuating, and controlling. Perencanaan meliputi sasaran literasi media, pesan yang akan disampaikan, pengkajian tujuan, media yang digunakan dan optimalisasi sumber daya manusia dalam IMIKI. Pengorganisasian meliputi tim dalam kegiatan literasi media. Pengawasan yang dilakukan dengan cara pemberian nomor pengaduan dari pihak KPID Jatim kepada masyarakat.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (Print ISSN: 2088-981X; Online ISSN: 2723-2557) adalah jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM). Jurnal Ilmu Komunikasi diharapkan ...