Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2017): Mei

Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Belajar IPA pada Rangkaian Listrik dengan Menggunakan Model Role Playing-Diskusi

Farid Ahmad (SMPN 2 Ngantang, Jl Raya Banjarejo Ngantang, Malang, 65132, Indonesia)
Supriyono Koes Handayanto (Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5, Malang, 65145, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2019

Abstract

Kualitas proses dan hasil belajar dapat menjadi indikator kualitas proses siswa. Kondisi di kelas 9-B menunjukkan bahwa prestasi belajar IPA masih jauh di bawah harapan. Selain itu diperoleh informasi bahwa kualitas proses masih kurang memuaskan. Upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran role playing yang dipadu metode diskusi. Tujuan pembelajaran ini akan membuat pembelajaran IPA fokus pada peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar. Dalam rangka peningkatan kualitas proses dan hasil belajar tersebut, telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas IX B berjumlah 31 siswa. Data-data diperoleh melalui lembar observasi, pedoman wawancara, dan soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penerapan role playing dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...