Kreatif
Vol 17, No 2 (2014)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MAKNA NARRATIVE TEXT DENGAN FOCUS PADA VOCABULARY MASTERY MELALUI PENERAPAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE MODEL

Lumuan, Muhammad Haeril (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2014

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujun untuk menemukan perkembangan kemampuan siswa dalam memahami narrative teks dengan memfocuskan pada penguasaan kosakata yang dikuasai oleh siswa dengan penerapan Inside-outside circle technik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada Kelas X Cut Nyak Dien pada SMAN 1 Peling Tengah. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa Cut Nyak Dien yang berjumlah  24 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dari test menunjukan bahwa terdapat peningkatan yang cukup berarti dari siklus pertama dan kedua, peningkatan hasil belajar adalah dari  84 % pada siklus satu, dan 96 % pada siklus dua. Selanjutnya hasil dari cheklist siswa menunjukan hal yang sama yaitu terdapat peningkatan keaktifan dan kerjasama yang sangat signifikant pada setiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik ini bisa meningkatan motivasi belajar dan hasil siswa pada Kelas X Cut Nyak Dien pada pelajaran bahasa Inggris pada SMAN 1 Peling Tengah. Kata Kunci : Peningkatan, Narrative Teks, Kosakata, Inside-Outside Circle.

Copyrights © 2014