Jurnal Bumigora Information Technology (BITe)
Vol 2 No 1 (2020)

Klasifikasi Data Ulasan Positif dan Negatif Dengan Menggunakan Algoritma Naive Bayes

Muh. Adrian Juniarta Hidayat (Universitas Bumigora)
Gilang Primajati (Universitas Bumigora)
Ahmad Zuli Amrullah (Universitas Bumigora)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Bagi para pelaku penyedia jasa, kualitas pelayanan merupakan suatu hal yang sangat penting karena dapat berdampak pada keberlangsungan bisnis mereka. Salah satu cara untuk menilai kualitas suatu layanan ialah dengan melihat ulasan dari para pelanggan yang pernah menggunakan layanan tersebut. Ulasan yang berbentuk teks dapat menjadi data yang berguna apabila diolah dengan teknik tertentu untuk melihat kualitas suatu layanan dengan mengelompokkan ulasan positif dan negatif dari suatu layanan. Pada tulisan ini mengusulkan untuk melihat kualitas layanan suatu hotel dengan mengolah data ulasan yang berbentuk teks dengan membandingkan rasio ulasan positif dan negatif dari pelanggan dengan menggunakan algoritma Naive Bayes. Hasil dari percobaan terlihat bahwa pengelompokan ulasan positif dan negatif dapat dilakukan dengan baik dengan memberikan bobot rangking tertentu pada setiap kata yang terdapat didalam ulasan, sehingga dapat diketahui bahwa kualitas layanan cenderung mendapat umpan balik positif atau negatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bite

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Bumigora Information Technology (BITe) is one of the journals owned at Bumigora University which is managed by the Department of Computer Science. This journal is intended to provide publications for academics, researchers and practitioners who wish to publish research in the field of ...