Aiti: Jurnal Teknologi Informasi
Vol 15 No 2 (2018)

Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon Menggunakan Framework Cobit 5.0 pada Domain Monitor, Evaluate And Asses (MEA)

Juan Adithya Imanuel Belegur (Unknown)
Chris Rudianto (Unknown)
Melkior Sitokdana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2018

Abstract

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Ambon adalah suatu instansi pemerintahan yang telah menerapkan TI dalam aktivitas atau proses bisnisnya. Permasalahan yang dihadapi oleh Disparbud Kota Ambon adalah belum diketahui seberapa optimal kinerja sumber daya manusia karena belum dilakukan evaluasi terhadap kinerja sumber daya manusia. Pada penelitian ini menggunakan COBIT 5.0 dengan melakukan pemetaaan tujuan bisnis menggunakan Balanced Scorecard, kemudian pemetaan EnterpriseGoals dan IT- Related Goals serta memilih MEA sebagai fokus dari penelitian dengan ketiga subdomain didalamnya yaitu MEA01, MEA02, MEA03. Berdasarkan hasil rekapitulasi data yang didapat pada Disparbud Kota Ambon, maka dapat diukur rata-rata tingkat kapabilitas saat ini adalah 4,56 diukur dari rentang 0-5. Berdasarkan hasil analisis, MEA03 yaitu 4,25 merupakan tingkat kapabilitas tertinggi, dan MEA02 yaitu 3,95 merupakan tingkat kapabilitas terendah. Dengan mengacu pada rata-rata penjumlahan dari MEA01,MEA02, dan MEA03 yang menghasilkan nilai tingkat Capability sebesar 4,06, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata tingkat Capability pada Disparbud Kota Ambon telah mencapai level yang keempat pada tabel Capability Model yaitu mencapai level Predictable Process.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

aiti

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

AITI: Jurnal Teknologi Informasi is a peer-review journal focusing on information system and technology issues. AITI invites academics and researchers who do original research in information system and technology, including but not limited to: Cryptography Networking Internet of Things Big Data Data ...