Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah
Vol 3, No 1 (2020)

TEKNIK TECHNOLOGY OF PARTICIPATION (TOP) DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA

Jaka Ramdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Pembangunan masyarakat pada tingkat desa saat ini sedang digencarkan melalui berbagai program penanganan kemiskinan seperti dibidang infrastruktur, bidang perekonomian,  kesehatan, sosial, dan bidang pendidikan masyarakat. Desa Munjul Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur menjadi salah satu wilayah  yang sedang melakukan pembangunan tersebut, akan tetapi belum dirasakan dampaknya bagi masyarakat setempat. Melalui penelitian ini diharapkan mampu menerapkan Technology of participation (TOP) dalam suatu pembangunanmasyarakat di Desa. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) dengan model Kemmis, S., & Taggart, M yaitu berbentuk spiral dari siklus satu ke siklus lainnya. Hasil penelitian menunjukan capaian langkah-langkah penerapan Technology of  participation (TOP) yaitu Perumusan Nama Kegiatan (diperoleh kesepakatan bersama untukdapat membantu Keluarga miskin dari segi pemberdayaan), Perumusan Tujuan Kegiatan (terbentuknya wadah usaha dan keluarga miskin dapat berdaya mengelola potensi lokal di ingkungannya sehingga dapat meningkatkan pendapatannya serta membangun rasa kebersamaan dan kerjasama antarwarga yang tergabung dalam kelompok), Sistem yang terlibat (Inisiator system, change agent system, client system, support system, controlling system, implementing system, target system, action system), Kesiapan sistem untuk bekerja (keinginanwarga yang kuat untuk meningkatkan kemampuan dan penghasilan Keluarga miskin dengan menciptakan keterampilan masyarakat dan juga penguatan yang dapat dimanfaatkan), dan Identifikasi kebijakan (mengumpulkan informasi kebijakan atau program yang ada di wilayah setempat)

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

OBORPENMAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal OBOR PENMAS dibangun untuk mengkombinasikan hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dapat memberikan kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan serta implementasi terhadap pendidikan masyarakat yang mencakup peadagogy, andragogy, penyuluhan dan pemberdayaan ...