Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kondisi dan potensi, 2)menganalisis proses, 3) menganalisis karakteristik model pembelajaran discoverylearning, 4) meningkatkan efektifitas, 5) meningkatkan efisiensi, dan 6)meningkatkan daya tarik dengan menggunakan model pembelajaran discoverylearning untuk meningkatkan kepribadian. Penelitian ini merupakan Research andDevelopment (R&D). Data dikumpulkan dengan angket, tes dan observasi sertadianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) pembelajaranyang digunakan kurang bervariasi, 2) proses pembelajaran discoveri learningdilakukan dengan cara dosen menyajikan informasi awal kepada mahasiswasebelum kegiatan pembelajaran dimulai, 3) langkah model pembelajaran discoverylearning adalah analisis kebutuhan, desain pembelajaran, desain danpengembangan media, validasi ahli dan revisi, uji coba dan revisi, uji cobalapangan, 4) meningkatnya efektifitas pembelajarannya menggunakan modelpembelajaran discoveri learning lebih besar, 5) meningkatnya efisiensi melihat dariwaktu pembelajaran yang dilakukan, dan 6) meningkatnya daya tarik yang tinggisehingga memiliki dampak positif terhadap perubahan kepribadian mahasiswa
Copyrights © 2019