Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah
Vol 2, No 2 (2019)

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN MAHASISWA AMIK DCC BANDAR LAMPUNG

Tsamaniariaty Hidayah (Unknown)
Yuli Syafitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kondisi dan potensi, 2)menganalisis proses, 3) menganalisis karakteristik model pembelajaran discoverylearning, 4) meningkatkan efektifitas, 5) meningkatkan efisiensi, dan 6)meningkatkan daya tarik dengan menggunakan model pembelajaran discoverylearning untuk meningkatkan kepribadian. Penelitian ini merupakan Research andDevelopment (R&D). Data dikumpulkan dengan angket, tes dan observasi sertadianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) pembelajaranyang digunakan kurang bervariasi, 2) proses pembelajaran discoveri learningdilakukan dengan cara dosen menyajikan informasi awal kepada mahasiswasebelum kegiatan pembelajaran dimulai, 3) langkah model pembelajaran discoverylearning adalah analisis kebutuhan, desain pembelajaran, desain danpengembangan media, validasi ahli dan revisi, uji coba dan revisi, uji cobalapangan, 4) meningkatnya efektifitas pembelajarannya menggunakan modelpembelajaran discoveri learning lebih besar, 5) meningkatnya efisiensi melihat dariwaktu pembelajaran yang dilakukan, dan 6) meningkatnya daya tarik yang tinggisehingga memiliki dampak positif terhadap perubahan kepribadian mahasiswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

OBORPENMAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal OBOR PENMAS dibangun untuk mengkombinasikan hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dapat memberikan kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan serta implementasi terhadap pendidikan masyarakat yang mencakup peadagogy, andragogy, penyuluhan dan pemberdayaan ...