Perkembangan kognitif yang terjadi pada anak-anak di TK Dharma Wanita Bantir Kelompok B sebagian besar kurang variatif. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor permasalahan baik dari guru, anak didik maupun sumber belajar sebagai pendukungnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui metode menyusun bentuk geometri. Pada siklus pertama dalam tindakan penelitian sudah ada peningkatan tapi belum begitu besar dan berarti pada siklus pertama sudah meningkat sekitar 60 % atau 19 anak yang mengenal kognitifnya meningkat sesuai harapan, 8% atau 2 anak yang mengenal kognitifnya mulai meningkat, dan 16 % atau 4 anak yang mengenal kognitifnya belum meningkat. Hasil penelitian siklus kedua sudah meningkat sekitar 80 % atau 20 anak yang mengenal kognitifnya meningkat sesuai harapan, 8% atau 2 anak yang mengenal kognitifnya mulai meningkat, dan 12 % atau 3 anak yang mengenal kognitifnya belum meningkat.
Copyrights © 2020