Program teaching factory layanan jasa servis sepeda motor yang dikembangkan di SMK Bina Utama Kendal sudah cukup baik, akan tetapi masih belum melatih siswa mendapatkan pengalaman praktik penerapan wirausaha. Siswa belum terlibat dalam tahap perencanaan, pengorganisasian, monitoring dan evaluasi dalam program teaching factory. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengelolaan program teaching factory yang dapat mengembangkan sikap kewirausahaan siswa kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini adalah (1) Studi pendahuluan, (2) Pengembangan Model, (3) Uji Model. Hasil penelitian menghasilkan model akhir pengelolaan program teaching factory yang valid, efektif dan praktis yang dapat mengembangkan sikap kewirausahaan siswa berdasarkan hasil perbedaan yang signifikan antara pretest dengan post test. Model yang dikembangkan menerapkan konsep riil berwirausaha yakni dengan melibatkan siswa secara langsung dan diberi tanggung jawab pada tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pengelolaan program teaching factory. Model ini mampu mengembangkan sikap kewirausahaan siswa meliputi: disiplin, kerja keras, kreatif, kerja sama, jujur, berorientasi pada target/layanan. Selain itu juga dapat meningkatkan penguasaan aspek pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang teknik sepeda motor.
Copyrights © 2020