Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 5, No 2 (2020): Edisi Mei - Agustus 2020

MENGEMBANGKAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN SISWA MELALUI PROGRAM TEACHING FACTORY LAYANAN JASA SERVIS SEPEDA MOTOR

Maftukin, M. (Unknown)
-, Rusdarti (Unknown)
Anis, Samsudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2020

Abstract

Program teaching factory layanan jasa servis sepeda motor yang dikembangkan di SMK Bina Utama Kendal sudah cukup baik, akan tetapi masih belum melatih siswa mendapatkan pengalaman praktik penerapan wirausaha. Siswa belum terlibat dalam tahap perencanaan, pengorganisasian, monitoring dan evaluasi dalam program teaching factory. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengelolaan program teaching factory yang dapat mengembangkan sikap kewirausahaan siswa kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini adalah (1) Studi pendahuluan, (2) Pengembangan Model, (3) Uji Model. Hasil penelitian menghasilkan model akhir pengelolaan program teaching factory yang valid, efektif dan praktis yang dapat mengembangkan sikap kewirausahaan siswa berdasarkan hasil perbedaan yang signifikan antara pretest dengan post test. Model yang dikembangkan menerapkan konsep riil berwirausaha yakni dengan melibatkan siswa secara langsung dan diberi tanggung jawab pada tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pengelolaan program teaching factory. Model ini mampu mengembangkan sikap kewirausahaan siswa meliputi: disiplin, kerja keras,  kreatif, kerja sama, jujur, berorientasi pada target/layanan. Selain itu juga dapat meningkatkan penguasaan aspek pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang teknik sepeda motor.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...