Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 17, No 1 (2020): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial

Studi tentang Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di Era Revolusi 4.0

Amel Mustikawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Kurjono Kurjono (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalis pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa di era revolusi 4.0. Pembelajaran kewirausahaan diukur melalui indikator enterprenurial awareness education, education for start-up, education for enterprenurial dynamic dan contrinuining education for enterpernurship. Minat berwirausaha diukur melalui indikator preference, desire dan plan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei eksplanatori. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Tasikmalaya. Instrumen penelitian diuji melalui uji validitas dan uji realibitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 2 Tasikmalaya sebanyak 1.545 siswa dan berdasarkan perhitungan Slovin diperoleh sampel sebanyak 300 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat berwirausaha siswa di era revolusi 4.0. Temuan ini menyiratkan bahwa untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa di era revolusi 4.0 akan lebih efektif dengan meningkatkan proses pembelajaran kewirausahaan di sekolah.

Copyrights © 2020