Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi

Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) Dengan Inquiri (Eksperimen di Kelas XI.IPS SMA Negeri 9 Kendari)

Maryam, Siti (Unknown)
Ahiri, Jafar (Unknown)
Karno, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa yang  di Ajar   dengan   Model   Pembelajaran Problem Basic Learning dengan Inquiri Eksperimen di Kelas XI.IPS SMA Negeri 9 Kendari. Penelitian  ini  dilaksanakan  di  SMA  Negeri  9  Kendari  pada  tanggal  2 Januari 2020  sampai dengan tanggal 25 Februari 2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar ekonomi siaswa dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal dengan memberikan tes kepada kedua kelas setelah diberi perlakuan yang berbeda.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent Sample t – test. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, dengan menggunakan desain Posstest-Only Control Design. Hasil penelitian menyimpukan  model  pembelajaran  tipe  Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 9 Kendari. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 76,94 sedangkan niai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri sebesar 75,18. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar yang diajar dengan menggunakan  model  pembelajaran  probem  based  learning  dengan  rata-rata  hasil  belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiry, seperti ditunjukan oleh niai (3,189>1,671) pada α = 0,05.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JOPSPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan, Ekonomi, Ekonomi Koperasi, Geografi Ekonomi, Ilmu Ekonomi, ...