Penelitian ini bertujuan mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa yang di Ajar  dengan  Model  Pembelajaran Problem Basic Learning dengan Inquiri Eksperimen di Kelas XI.IPS SMA Negeri 9 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Kendari pada tanggal 2 Januari 2020 sampai dengan tanggal 25 Februari 2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar ekonomi siaswa dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal dengan memberikan tes kepada kedua kelas setelah diberi perlakuan yang berbeda.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent Sample t – test. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, dengan menggunakan desain Posstest-Only Control Design. Hasil penelitian menyimpukan model pembelajaran tipe Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 9 Kendari. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 76,94 sedangkan niai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri sebesar 75,18. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran probem based learning dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiry, seperti ditunjukan oleh niai (3,189>1,671) pada α = 0,05.
Copyrights © 2020